moetzsyifa

Just The Way You Are

Mie Golosor

on August 8, 2011

Mie Golosor merupakan salah satu jajanan kuliner khas Ramadhan yang ada di Kota Bogor, Jawa Barat. Mie ini hanya ditemui selama bulan puasa.

Aan, pedagang Mie Golosor di Pasar Anyar, Bogor, mengatakan mie berwarna kuning bening dengan tekstur kenyal seperti spageti ini terbuat dari paduan tepung kanji. Ini merupakan mie yang sangat dicari sebagai santapan untuk berbuka puasa oleh masyarakat Bogor.

Aan mengatakan, meski menjadi tradisi dan salah satu kuliner khas Ramadhan di Bogor, mie Golosor ini bukan berasal dari Kota Bogor, mie tersebut diproduksi di Sukabumi.

Selama bulan Ramadhan, pedagang mie Golosor musiman mulai bermunculan. Tingginya minat pembeli selama bulan puasa membuat pedagang meraup keuntungan musiman pula.

Aan mengaku setiap tahun di bulan puasa rutin berjualan Mie Golosor, bahkan sudah memiliki tepat khusus yang akan tersedia dengan sendirinya di salah satu sudut di Pasar Anyar. Dalam satu hari ia bisa menjual empat karung mie golosor. Satu karung beratnya sekitar lima kilo gram, dijual per kilonya Rp 4.000. “Sehari rata-rata habis empat karung mie. Satu kilonya saya jual Rp4.000,” kata Aan.

Aan mengatakan, hampir setiap hari dia memesan mie dari Sukabumi, pesanannya setiap pagi sudah diantar langsung ke pasar. Selain menjual secara eceran, Aan juga menjual mie ke pedagang pengecer lain untuk di jual lagi. “Saya jual eceran dua karung, dua karung lagi saya jual ke pedagang pengecer, saya juga menyuplai mie ke sejumlah pedagang di pasar Anyar,” katanya.

Aan mengaku, selama Ramadhan, Mie Golosor yang dijualnya selalu habis setiap harinya. Oleh karena itu, ia sudah rutin berjualan Mie Golosor setiap bulan puasa. “Kalau sehari-hari saya kerja ibu rumah tangga, hanya Ramadhan, karena sudah punya pelanggan saya jualan Mie Golosor,” katanya.

Hampir setiap sudut pasar di Kota Bogor terdapat penjual Mie Golosor. Mie ini menjadi hidangan pembuka saat buka Puasa. Teksturnya yang kenyal dan bewarna kuning bening memberikan daya tarik untuk mencicipinya.

Biasanya Mie Golosor itu disajikan sebagai mie goreng. Dengan bumbu sederhana, seperti merica, dicampur bawang putih, bawang merah dan penyedap rasa, mie sudah bisa dinikmati bersama keluarga.

Selain dijual mentah, beberapa ibu-ibu dan pedagang jajanan juga menjual mie dalam bentuk siap saji. Mie yang kebanyakan dibuat sebagai mie goreng ini selalu saja dicari dan dibeli.

Salah satunya pedagang musiman di Jalan Menteng, Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, setiap hari membeli satu kilo mie gelosor untuk diolah dan dijual dalam bentuk jadi. Mie golosor yang sudah berbumbu dijual per porsinya Rp 1.000 bahkan hingga Rp 5.000 per porsinya. “Setiap Ramadhan pasti ada yang beli mie golosor ini. Sudah menjadi makanan khas Ramadhan,” katanya.

Selain disajikan menjadi mie goreng. Mie Golosor juga dibuat bentuk kerupuk. Kerupuk berbentuk lingkarang ini, cukup nikmat dimakan dengan campuran bumbu kacang pedas. Peminat kerupuk mie juga hampir sama dengan mie Golosor.

Sumber : REPUBLIKA.CO.ID


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: